OUTBOUND ANAK-ANAK

Outbound merupakan suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Dikutip berbeda dari pengertian diatas, pengertian Outbound Training Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

outbound2

Tujuan adanya outbound untuk anak antara lain :

  1. Mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik.
  2. Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan – pilihan kita.
  3. Meningkatkan kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian mengambil risiko “Risk Taking Behavior”.
  5. Meningkatkan ketrampilan komunikasi.
  6. Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan risiko dan konsekuensinya.
  7. Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
  8. Meningkatkankemampuan kepemimpinan.
  9. Menumbuhkan sikap ksatria dan sportif.

Adapun beberapa permainan outbound yang dapat dijadikan referensi antara lain :

Keluarga binatang (Usia 5 tahun ke atas)

  • Golongan umur : 5 tahun ke atas
  • Tujuan permainan : ice breaking, energizer, learning dan communication 
  • Jumlah peserta : 20 – 30 orang
  • Alat dan bahan : (a) Penutup mata; (b) Kertas intruksi, berisi nomor dan gambar hewan. Kertas dipegang oleh pemandu permainan.

Nomor urut peserta Jenis hewan yang diperankan :
1 Kucing
2 Kambing
3 Kuda
4 harimau

Cara bermain:

  • Kumpulkan semua peserta
  • Bagi peserta dalam beberapa kelompok terdiri dari 4-6 orang dan disahkan.
  • Mintalah peserta untuk menghitung dan mengingat nomor mereka masing-masing
  • Berilah kertas intruksi kepada tap-tiap kelompok dan masing-masing kelompok harus mengingat jenis hewan pada kertas intruksi yang diberikan.
  • Mintalah peserta untuk menutup mata dengan kain.
  • Intruksikan semua peserta untuk berkumpul sesuai dengan jenis hewan yang diperankan.
  • Untuk memanggil serta mengumpulkan jenis hewan, peserta hanya diperbolehkan menggunakan suara hewan yang diperagakan.
  • Kelompok yang menang adalah yang dapat berkumpul lebih dulu.

Manfaat :

  • Bagi peserta, khususnya anak – anak, permainan ini dapat memperkenalkan karakteristik hewan yang ada disekitarnya.

Gajah dan semut

• Golongan umur : 6 tahun ke atas
• Tujuan permainan : ice breaking, perception dan energizer
• Jumlah peserta : idealnya sampai 25 orang

Cara bermain:

  • Mintalah peserta berkumpul membentuk lingkaran menghadap ke dalam. Pemandu berada dalam lingkaran dan sambil berjalan menghampiri peserta dengan mengucapkan kata ‘gajah atau semut ‘ berulang-ulang.
  • Pada suatu saat, berhentilah pada salah satu peserta, sambil mengucapkan kata ‘gajah atau semut’. Jika pemandu mengucapkan kata ‘gajah’ maka, peserta tersebut harus menjentikkan jari (ungkapan untuk benda yang kecil) sambil mengucapkan kata ‘besaaaaar’. Sebaliknya, jika pemandu mengucapkan kata ‘semut’, maka peserta tersebut harus merentangkan kedua tangannya dan membentuk lingkaran sambil mengucapkan kata ‘keciiiiiiiil’
  • Peserta yang lambat merespon, jawabannya salah atau atau isyarat tangan salah maka mendapat hukuman atau dinyatakan gugur.

Manfaat:

  • Permainan ini untuk melatih kosentrasi anak.

Gelas berjalan

• Golongan umur : 7 tahun ke atas
• Tujuan permainan : team building, ice breaker dan energizer
• Alat/bahan : gelas plastik/mineral, benang tali, bilah bamboo dengan panjang 1,5 meter.

Cara bermain:

  • Bagi peserta menjadi 2 kelompok terdiri 4-5 orang.
  • Peserta ditempatkan 10 meter dari tiang lomba.
  • Lomba dapat dimulai dari garis start dengan meniup peluit atau aba-aba.
  • Setelah ada aba-aba peserta berlari ke tiang untuk menggerakkan gelas plastic tsb menuju garis finish dengan cepat. Peserta hanya diperbolehkan menggunakan mulut, tanpa bantuan alat.
  • Pemenangnya adalah peserta yang dapat meniup gelas plastik dengan waktu yang singkat.

Manfaat:
• Permainan ini untuk melatih ketangkasan dan kecekatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s